Luncurkan Produk Baru - Lovina Beach Targetkan Penjualan Rp77 Miliar

NERACA

Jakarta – Meski daya beli masyarakat turun, namun kondisi tersebut tidak membuat pesimistis PT Lovina Beach Brewery Tbk. (STRK) menargetkan pertumbuhan bisnisnya. Emiten produsen minuman beralkohol ini menargetkan pertumbuhan pendapatan menjadi Rp77 miliar pada 2025 seiring dengan rencana peluncuran produk baru.

Direktur Utama STRK, Bona Budhisurya mengungkapkan, perseroan optimistis terhadap prospek usaha pada 2025, didukung oleh pertumbuhan ekonomi yang stabil, peningkatan daya beli masyarakat, serta perkembangan sektor pariwisata dan gaya hidup. Selain itu, kebijakan pemerintah yang mendukung industri kreatif serta sektor perhotelan dan restoran diperkirakan akan mendorong permintaan produk minuman beralkohol.

Menurutnya, faktor-faktor ini membuka peluang bagi STRK untuk memperluas pasar dan meningkatkan daya saing.“Target penjualan kami sekitar Rp77 miliar pada 2025. Untuk mencapainya kami akan meluncurkan produk baru, dan kami akan berusaha mendapatkan pasar ekspor untuk memperluas jangkauan produk,” ujar Bona Budhisurya di Jakarta,kemarin.

Disampaikannya, perseroan akan memperkuat distribusi, memperluas jaringan kemitraan strategis, dan menghadirkan inovasi produk yang selaras dengan preferensi konsumen. Salah satunya ialah varian tequila. Perseroan, lanjutnya, menghadapi berbagai tantangan dalam industri minuman beralkohol pada 2024, termasuk kenaikan tarif cukai, perubahan regulasi, serta meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap gaya hidup sehat. Hal itu mendorong pergeseran preferensi konsumen ke minuman rendah alkohol atau non-alkohol.

Di sisi lain, persaingan yang semakin ketat dari produsen domestik maupun global serta volatilitas harga bahan baku seperti gandum, malt, dan gula turut memberikan tekanan terhadap biaya produksi. Kondisi ini menuntut STRK untuk terus beradaptasi dan mencari strategi yang tepat guna menjaga daya saing di pasar.

Bona Budhisurya menjelaskan, pihaknya juga memperkuat strategi pemasaran digital serta menjalin kemitraan strategis guna meningkatkan penetrasi pasar dan memperkuat loyalitas pelanggan di tengah perubahan tren konsumsi. Kombinasi inovasi produk, efisiensi operasional, dan strategi pemasaran yang tepat diharapkan dapat memperkuat posisi STRK di pasar, sekaligus memastikan keberlanjutan bisnis di tengah dinamika industri yang terus berkembang.

Sepanjang tahun 2024, perseroan mencatatkan penjualan neto sebesar Rp18,90 miliar atau mengalami penurunan 51,88% dibandingkan dengan Rp39,28 miliar pada 2023. Perubahan dalam penjualan tersebut turut berdampak pada kinerja keuangan lainnya, termasuk laba bruto yang menurun sebesar 80,09% menjadi Rp4,91 miliar pada 2024.

BERITA TERKAIT

Komitmen Inovasi Berkelanjutan dan Kembangkan Talenta Lokal - Eksistensi 50 Tahun Tokio Marine Indonesia

Rayakan hari jadinya ke-50, PT Asuransi Tokio Marine Indonesia (TMI) dalam menjalankan bisnisnya tidak hanya mencari keuntungan semata tetapi komitmen…

Cetak Kinerja Solid - Mitra Pinasthika Bagikan Dividen Rp525,6 Miliar

Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) menyetujui pembagian dividen final untuk tahun buku 2024…

Fokus Pada Tiga Pilar Utama - MUTU Bidik Pertumbuhan Bisnis 8% diatas Industri TIC

Sukses mencatatkan kinerja positif sepanjang tahun 2024, menjadi optimisme PT Mutuagung Lestari Tbk (MUTU International) untuk mematok pertumbuhan bisnis lebih…

BERITA LAINNYA DI Bursa Saham

Komitmen Inovasi Berkelanjutan dan Kembangkan Talenta Lokal - Eksistensi 50 Tahun Tokio Marine Indonesia

Rayakan hari jadinya ke-50, PT Asuransi Tokio Marine Indonesia (TMI) dalam menjalankan bisnisnya tidak hanya mencari keuntungan semata tetapi komitmen…

Cetak Kinerja Solid - Mitra Pinasthika Bagikan Dividen Rp525,6 Miliar

Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) menyetujui pembagian dividen final untuk tahun buku 2024…

Fokus Pada Tiga Pilar Utama - MUTU Bidik Pertumbuhan Bisnis 8% diatas Industri TIC

Sukses mencatatkan kinerja positif sepanjang tahun 2024, menjadi optimisme PT Mutuagung Lestari Tbk (MUTU International) untuk mematok pertumbuhan bisnis lebih…